Ujian Terberat: Terlena Kemudahan

Ternyata ujian yang paling berat itu adalah kemudahan yang melenakan..
.
1. Kehamilan dan persalinan yang mudah, lancar, normal cenderung tanpa kesulitan.. Sering membuat mencemooh yang susah hamilnya, penuh resiko, atau bermasalah dengan kata-kata mandul, manja, dll
.
2. Anak-anak yang cenderung sehat, serba normal, penuh aktivitas, mudah diurus, penuh kasih sayang.. Sering menimbulkan rasa riya’ merasa diri ibu sempurna hingga merendahkan ibu yang lain.
.
3. Suami yang setia, tidak neko-neko, romantis dan begitu perhatian, membuat terlena untuk memperbaiki diri dan akhlak agar terus menjadi bidadari surga dan bukan pencela pasangan lain yang bermasalah..
.
4. Keuangan yang stabil, bahkan berlebihan, kadangkala membuat terlupa menengok ke bawah, lupa rasanya bersyukur, mudah menghakimi yang lain pemalas dan tak mau kerja keras..
.
5. Orangtua dan mertua yang pengasih, mudah beradaptasi, membuat kita merasa sempurna sebagai anak, sering membuat kita mudah menghakimi mereka yang brmasalah dengan orangtua dan mertua sebagai anak durhaka, tak tau terima kasih..
.
6. Ilmu yang tinggi, pengetahuan yang luas tanpa sadar membuat kita merasa lebih mumpuni, malas mengejar ilmu-ilmu yang lain, akhirnya merendahkan dan menyepelekan mereka yang kita anggap tak seluas kita ilmu dan pengetahuannya.
.
7. Kemudahan dalam ibadah, sholat yang kita anggap tak pernah lalai, puasa yang tak putus, zakat milyaran rupiah, shodaqah tak terhitung, haji dan umroh berkali-kali, membuat kita merasa paling alim dan takwa, tanpa sadar tidak lagi mau belajar dgn alim ulama, enggan bergaul dengan mereka yang kita anggap pendosa..
.
Kemudahan itu ujian yang berat, melenakan sering mendatangkan penyakit hati tanpa disadari..
.
Semoga bermanfaat sahabat 🙂

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *