Tips Memilih SPBU & Cara Isi Bensin yang Benar

Harga BBM di Indonesia terus naik. Sebagai pengguna kendaraan bermotor sepert motor atau mobil, anda harus jeli dalam memilih SPBU yang mengisi bensin dengan benar. Bisa jadi, anda hendak mengisi 3 liter, tapi dalam kenyataannya hanya 2,95 liter saja yang terisi. Berikut tips memilih SPBU dan cara mengisi bensin yang benar.

1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)

Pernah memmerhatikan papan nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera angka 31.XXXXX atau 34.XXXXX. Angka pertama menandakan kode wilayah. Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan.

Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Sedangkan kepala 5  dari Surabaya.

Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer. Jadi, yang penting angka keduanya 1 tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah.

Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs Pertamina.

Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik quality control-nya dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, dari sisi bisnis bisa dimengerti, bahwa oknum pebisnis BBM ingin ambil untung lebih.

Versi supir taksi dan orang-orang yang telah pengalaman ngecek pas mengisi bensin katanya yang kode 31 (angka kedua 1) takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda “PASTI PAS”.
Menurut banyak orang juga kode Pertamina 31 ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding dengan yang kode 34.

Cara Membuktikan

Coba bagi anda yang menggunakan mobil/motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya. Jika mengisi bensin di Pertamina dengan tanda kode 31 akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya

Coba anda bandingkan jumlah mobil/motor yang mengisi bensin di pom bensin tersebut. Di pom bensin kode 31 pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi.

Coba anda mengisi 1 liter bensin di Pom bensin 31 dan pom bensin 34. Bandingkan saja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).

Coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 karena mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua pom bensin 34 seperti itu.

2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA

Pernahkah anda sewaktu mengisi bensin, tuas handle ditekan-tekan begitu sama petugasnya? Kenapa begitu? Karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.

3. ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN

Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.

Jadi, jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena temperatur/

4. ISILAH BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH

Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan, biasanya tangki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer, sehingga penguapannya bisa dikurangi. Namun, lagi-lagi hal seperti itu tidak terdapat di SPBU.

5. JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANGKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truk ke tangki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tangki kendaraan anda.

Semoga bermanfaat. Silakan share info ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *