Selamat Hari Pramuka!

film tentang pramuka | berita broadcastGerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Sedangkan pada tahun yang sama, di Jakarta didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Kedua organisasi cikal bakal kepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926, seperti dilansir dari website Wikipedia.

Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. Dalam kegiatan pramuka, acara  yang diselenggarakan biasanya berupa pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia

Tahap tahap hingga Gerakan Pramuka muncul

– Hari Tunas Gerakan Pramuka: Hari dimana Presiden/Mandataris MPRS berpidato didepan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara.

– Hari Permulaan Tahun Kerja: Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman, petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya. Tanggal 20 Mei adalah; Hari Kebangkitan Nasional, namun bagi Gerakan Pramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah untuk pendidikan di lingkungan ke tiga. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai

– Hari Ikrar Gerakan Pramuka: Pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yang dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka, dilakukan di Istana Olahraga Senayan pada tanggal 30 Juli 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai

– Hari Pramuka: Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, diikuti defile Pramuka untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang didahului dengan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka, dan kesemuanya ini terjadi pada tanggal pada tanggal 14 Agustus 1961. Ketua Kwartir Nasional saat itu adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Fakta Unik tentang Pramuka

1. Pramuka adalah wadah organisasi yang ada di semua jenjang pendidikan Mulai SD SMP SMA sampai Universitas. Melalui ekstra kurikuler. Ada yang wajib dan ada juga yang sifatnya sukarela. Biasanya untuk jenjang SD SMP diwajibkan. Sementara SMA dan Universitas sudah sukarela.

2. Lambang pramuka adalah Tunas Kelapa. Alasannya semua bagian kelapa sangat bermanfaat mulai dari daun, buah, batang pohon, dan akar kelapa.

3. Pramuka hanya mengenal kata sapa kakak dan adik tanpa bapak dan ibu. Meskipun yang mengajar dan menjadi pembina adalah presiden sekalipun, tetap memanggilnya dengan sebutan Kakak Pembina. Alasannya untuk menimbulkan stigma bahwa di pramuka itu semuanya muda-muda.

4. Indonesia Merupakan Negara Paling Banyak Pramuka.

5. Dasar pelatihan pramuka sebenarnya adalah Militer. Karena itu topinya berbentuk baret cokelat, dengan setelan kemeja dan celana cokelat. Hanya saja kemasan penyajiannya dibuat unik dan menarik dengan tanpa kekerasan. Tapi tetap masih ada aktivitas latihan fisik. Tujuannya supaya para anggota merasa nyaman dan senang. 50% senang, 50% pengembangan diri.

6. Setiap daerah dan provinsi di Indonesia memiliki tanda badge yang berbeda. Mulai dari warna, corak, dan bentuk. Setiap badge ini juga memiliki makna tersendiri. Biasanya terletak di lengan.

7. Anggota Pramuka bisa naik pangkat. Ada 4 jenjang. Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Masing-masing jenjang juga ada tingkatan. Untuk Siaga : Mulia, Bantu, Tata. Untuk Penggalang : Ramu, Rakit, Terap. Untuk Penegak : Bantara, Laksana. Untuk Pandega tidak ada, karena ini kelas tertinggi.

8. Senjata utama pramuka adalah tongkat dan tali. Dua alat ini bisa berubah menjadi apa saja seperti Tenda, Tandu, Bendera, dan lainnya hanya dengan sedikit kreativitas dan keuletan.

9. Pramuka mengajarkan kemandirian, kedisiplinan, organisasi, bertahan hidup, kesehatan, lingkungan. Hanya saja hampir 80% hanya memandangnya sebagai pasukan berbaris saja.

film up tentang pramuka | berita broadcast10. Pramuka di Indonesia lahir pada tanggal 14 Agustus 1961. Pada hari itu, seluruh kota dan tempat penting di Indonesia memperkenalkan pramuka kepada Umum. Termasuk Presiden Soekarno di Jakarta.
Bapak pramuka dunia atau lebih dikenal dengan bapak Pandu Sedunia adalah Baden Powell.

11. Film menarik Indonesia tentang pramuka adalah 5 Elang. Sementara film internasionalnya adalah Up.

SELAMAT HARI PRAMUKA!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *