Selamat Hari Kidal Sedunia!

hari kidal sedunia | berita broadcastMeski telat 2 hari, kami mengucapkan selamat hari orang kidal sedunia. Ya, Hari Kidal Sedunia diperingati setiap tanggal 13 Agustus, sehari sebelum Hari Pramuka diperingati. Tanpa bermaksud mengesampingkan orang yang kidal, kami akan menjelaskan beberapa informasi tentang beberapa orang spesialis tubuh-bagian-kiri ini.

Jumlah orang yang kidal jauh lebih sedikit daripada orang yang menggunakan tangan kanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Peralatan yang digunakan sehari-hari pun hampir semuanya didesain untuk pengguna tangan kanan.

Hal ini kerap menyulitkan orang yang kidal. Orang-orang kidal juga kerap mendapat perlakuan diskriminasi di lingkungan sosialnya karena dianggap berbeda.

Faktor yang Menyebabkan Kidal

Kidal merupakan suatu keadaan yang diturunkan atau bersifat genetik. Coba deh, cek, temanmu yang kidal biasanya juga punya orangtua atau saudara yang juga kidal. Menurut teori genetika, kecenderungan penggunaan salah satu sisi tangan diatur oleh gen yang terdiri dari sepasang alel.

Alel tersebut adalah alel gen D yang merupakan kepanjangan dari dekstra yang berarti kanan dalam bahasa latin dan alel gen S yang merupakan kepanjangan dari sinistra yang berarti kiri. Orang yang memiliki alel DD, maka dia merupakan orang dengan tangan kanan dominan.

Sedangkan orang dengan alel DS memiliki dua kemungkinan, dapat menggunakan tangan kanan atau kiri karena kedua alel tersebut sama kuatnya. Faktor kebiasaan kemudian mempengaruhinya, apakah tangan kanan atau tangan kiri yang lebih sering digunakan. Nah, orang yang kidal memiliki alel gen SS.

Jumlah orang bertangan kanan jauh lebih banyak karena alel gen D jauh lebih banyak ditemukan daripada alel gen S. Orangtua yang kidal pun belum tentu melahirkan anak yang kidal, tergantung kombinasi gen yang diterima anak dari orangtuanya.

Selain faktor genetik, faktor lingkungan dan eksternal juga dapat membuat seseorang menjadi kidal. Misalnya, orang yang mengalami kecelakaan atau kecacatan pada tangan kanannya sehingga terpaksa menggunakan tangan kirinya.

Kelebihan Orang Kidal

1. Menurut statistik, dari sebuah populasi, 15%-nya termasuk kidal. Pria biasanya dua kali lebih cenderung kidal daripada wanita.

2. Orang kidal memiliki kemungkinan lebih besar untuk mejadi jenius. 20% dari jumlah anggota organisasi MENSA, sebuah organisasi untuk orang-orang dengan IQ tertinggi sedunia, dilaporkan kidal.

3. Jika Kamu pria, kidal, dan sedang kuliah, maka diperkirakan Kamu akan 15% lebih kaya daripada pria yang tidak kidal. Nah, kalau sampai tamat kuliah, pria kidal akan 20% lebih kaya!

4. Walau begitu orang kidal memiliki kecendrungan lebih tinggi untuk kecanduan alkohol.

5. Orang Kidal jumlah sampai saat ini sekitar 10% dari seluruh populasi dunia (National Geographic)

6. Psikolog dari Universitas Queen di Belfast menyatakan bahwa kucing betina cenderung tidak kidal, sementara kucing jantan cenderung kidal (siapa sangka, kucing bisa kidal juga!).

7. Entah mengapa, namun orang kidal katanya lebih tidak suka buku berjilid spiral dibanding yang tidak kidal.

8. Jika kedua orangtua kidal, maka ada kemungkinan 50% keturunan mereka juga akan kidal. Sementara jika kedua orangtua tidak kidal, kemungkinan tadi akan turun menjadi 2% saja.

9. Semakin tua seorang Ibu saat melahirkan, semakin besar kemngkinan anaknya lahir kidal.

10. Empat dari 5 desainer komputer Mac dilaporkan kidal.

11. Menurut sebuah studi, orang kidal hidupnya 9 tahun lebih pendek dari yang tidak kidal.

12. Dan seperti yang dikutip dari Ehow, Senin (24/5/2010), orang kidal cenderung lebih atletis, memiliki kesadaran yang lebih spasial dan berpikir lebih cepat.

13. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Alan Searleman dari St Lawrence University di New York, menunjukkan bahwa orang kidal mampu mendukung sisi kiri tubuhnya untuk semua kegiatan fisik. Orang kidal juga dua kali lebih terampil dalam pemecahan masalah dan memiliki IQ lebih tinggi dari orang yang aktif dengan tangan kanan.

14. Orang kidal dapat merespon stimulasi (rangsangan) dengan lebih baik sehingga kebanyakan orang kidal jago bermain game.

15. Orang Kidal lebih mudah mengontrol emosi dibandingkan bukan kidal (National Geographic).

16. Jumlah orang Kidal meningkat pesat setelah tahun 1910 (BBC).

17. Orang dengan tangan kidal relatif lebih cerdas dari pada bukan kidal (Guardian UK).

Comments

comments

One thought on “Selamat Hari Kidal Sedunia!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *