Rekomendasi Tempat Berlibur: Perpustakaan DKI Jakarta

Lokasi: Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta, TIM, Cikini (samping Planetarium jika dari depan. Belakang Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin)

Lantai 1 untuk dewasa, lantai 2 untuk anak, dan lantai 3 untuk buku referensi.
Buka: Senin-Jum’at, pukul 09.00-16.00 (Jum’at istirahat tutup 1 jam. Sabtu, Minggu, hari libur nasional tutup)

Di lantai 2 ada area buku dan area bermain anak. Di area bermain anak ini ada perosotan, ayunan, mobil-mobilan, kolam bola, dan 11 rak berisi aneka mainan kayu edukatif. Lantainya juga ada gambar peta Indonesia yang tepi-tepinya dipasang busa, jadi anak-anak bisa meniti di atasnya.

Area bermain dan area buku dibatasi pintu kaca. Dan aneka wahananya dipasang di ujung, jauh dari pintu kaca yang berbatasan dengan area baca. Jadi insya Allah, nggak mengganggu pengunjung yang mau baca-baca:)

Di area buku juga banyak mainan kayu edukatif yang disimpan di rak terbuka, aneka buku keren (termasuk beberapa series Lego Ideas Book), blocks plastik, papan magnet, playmat, dll.

Semua bisa digunakan GRATIS, bahkan meski kita bukan member perpus ini 🙂

Highly recommended, masya Allah.

======

Catatan:

– Bawa KTP ya, karena akan disimpan di lobi, tuker sama kunci loker.
– Dilarang membawa makanan dan minuman ke lantai 2. Tas, makanan dan minuman harus disimpan di loker lantai 1. Tadi kami bawa bekal, dan makan bekalnya di lantai 1 🙂
– Area bermain anak ada tulisan: maksimal untuk anak 5 tahun.
– Jika datang dengan mobil, masuknya dari depan. Parkir di depan ruang pameran. Ruang pameran ini tembus sampai lobi Perpus. Jika datang dengan motor, bisa masuk dari belakang, dan parkir depan lobi Perpus.
– Oya, dekat Perpus ini juga ada Planetarium (tapi Planetarium tutup Senin), beberapa mobil pemadam kekabaran dan Bank Sampah, yang oke juga buat dikunjungi.

======

Rute kendaraan umum:

– Jalan depan TIM searah. Angkot yang lewat depan situ: Kopaja 502 jurusan Tanah Abang-Kp. Melayu.
– Bisa naik KRL turun stasiun Cikini, lalu jalan kaki (tapi pegel dikit :D). Atau, turun stasiun Gondangdia, nyambung ojek/ bajaj)

======

Yang berkesan saat kunjungan kemarin:

Alhamdulillah, saya bertemu Bu Arya, petugas perpus ini yang dulunya petugas Perpustakaan Umum Jakarta Barat. Karena jaman SD-SMP (sekitar thn 1996-1999) saya hobi banget ke perpus, beliau masih ingat “Iya, saya ingat, kamu Reynaldi (iyah, nama saya emang sering salah sebut :D) yang stempel pinjem buku di perpusnya banyak kan ya?”

Jadilah kami ngobrol-ngobrol. Kata beliau, perpus ini masih baru, sekitar 2-3 bulan. Sudah pernah menerima kunjungan sekolah. Ketika saya bilang “Bu, nanti saya kabarin ke temen-temen ya, tentang perpus ini”, dengan semangat beliau menjawab “Oh iya dong, harus! Biar pada main ke sini ya!”

Yuk, yuk, main ke sini!

Ditulis oleh:

Retnadi Nur’aini, IRT 2 anak & pengelola toko buku online ‪#‎halamanmoekabooks

perpustakaan dki jakarta 2 | beritabroadcast perpustakaan dki jakarta 4 | beritabroadcast

Comments

comments

One thought on “Rekomendasi Tempat Berlibur: Perpustakaan DKI Jakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *