Pendaftaran Riset di Stasiun Ruang Angkasa (ISS)

Surya Univ bekerjasama dengan Indonesia Transformation Network akan memilih 10 siswa SMA atau sederajat untuk melakukan penelitian (merancang dan melakukan eksperimen) yang nantinya akan di test di Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Penelitian akan dipandu oleh 2 peneliti Surya University, mulai Agustus 2015.

Para peserta akan riset mini (1-2 minggu) di sebuah microlab ISS di AS sambil uji coba hasil risetnya pada bulan Desember 2015. Hasil akhir (berupa modul eksperimen) diserahkan ke NASA pada awal Januari 2016 untuk diluncurkan ke ISS pada 2 April 2016. Eksperimen ini akan dilakukan oleh astronot di ISS dan kita bisa pantau hasilnya dari stasiun bumi.

ISS mulai mengorbit sejak 1998 pada ketinggian 409-416 km (low earth orbit) dengan kecepatan orbit 7.7 km/detik.

Siswa jepang punya riset menarik tentang pertumbuhan bunga sakura di zero gravity (gravitasi nol), riset ini dibawa ke stasiun ruang angkasa dan siswa ramai-ramai memantau pertumbuhan bunga ini… Seru sekali …. Ada banyak riset tentang bakteri, virus, proses biologi, robot mini dsb sedang disiapkan.

Ini kesempatan emas untuk bisa riset tingkat internasional dan uji coba hasilnya di ISS. Keren kalau riset Anda, nama sekolah, nama daerah, nama negara tertancap di ISS…

Pendaftaran atau pertanyaan? Silakan kontak syailendra.harahap@surya.ac.id

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *