Olahraga Saat Puasa

Puasa itu sehat karena akan mengistirahatkan organ-organ pencernaan kita. Olahraga di saat puasa lebih sehat lagi karena organ-organ pencernaan yang beristirahat tersebut tetap berfungsi normal. Organ-organ pencernaan tersebut tetap mendapat aliran darah yang lancar sehingga tetap berfungsi optimal. Ibarat pegawai, di masa cuti tetapi tetap mendapat gaji.

Menurut pakar fisiologi olahraga Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ermita I. Ilyas, saat puasa, berolahraga kurang-lebih 30 menit saja sudah cukup, dan lakukanlah sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Kapan

Waktu yang tepat untuk olahraga adalah tiga jam setelah sahur, saat tubuh masih menyimpan banyak energi. Atau pilihan waktu lain sekitar setengah jam sebelum berbuka puasa.

Olahraga Apa

Pilih olahraga yang ringan seperti jalan kaki, bersepeda, tennis, atau bulutangkis. Yang penting, perhatikan frekuensi dan durasinya. Saat puasa, porsi olahraga boleh dikurangi sampai 50%-nya. Misalnya, saat nggak puasa, kita jogging keliling komplek 5 kali seminggu. Nah, saat puasa, porsinya dikurangi jadi 3 kali seminggu saja. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sesudahnya, ya. Supaya terhindar dari cedera dan nyeri otot saat latihan.

Manfaat Olahraga

Pertama, untuk membantu mempertahankan kebiasaan olahraga itu sendiri. Sayang sekali jika harus berhenti berolahraga selama sebulan. Sebab, apabila Ramadan sudah lewat, akan terbentuk rasa malas berolahraga lagi.

Kedua, untuk menjaga kebugaran tubuh. Saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin yang bermanfaat untuk memecah sumber energi yang telah dikonsumsi menjadi energi. Energi ini akan menjadi bekal untuk beraktivitas selama puasa. Jika hanya bermalas-malasan tanpa olahraga, hormon yang dihasilkan hanya sedikit sehingga banyak orang justru menjadi gemuk setelah puasa. Makanan manis juga memicu pertambahan berat badan setelah puasa.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *