Mitos Tentang Jerawat

jerawat | berita broadcastJerawat adalah masalah kulit yang bisa dialami oleh siapapun, baik itu remaja maupun orang dewasa. Sebenarnya ada beragam cara yang bisa anda lakukan untuk menyingkirkan jerawat. Namun sayangnya, beberapa cara tersebut ternyata menyesatkan.

Bukannya menyembuhkan, cara yang tidak tepat justru akan memperparah kondisi jerawat serta membahayakan kulit anda. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam mengatasi jerawat, apakah cara tersebut sudah teruji medis atau hanyalah mitos belaka.

Berikut mitos yang sering beredar di masyarakat tentang jerawat.

Mitos 1: Scrubing bisa mengurangi jerawat

Faktanya, kita justru nggak boleh melakukan scrubing saat wajah sedang berjerawat karena akan membuat jerawat makin meradang dan iritasi.

Mitos 2: Makan cokelat memperburuk jerawat

Memang benar bahwa makanan manis tidak baik untuk jerawat, namun tidak demikian dengan dark chocolate. Semakin gelap warna cokelat, semakin sedikit kandungan gula di dalamnya. Inilah mitos jerawat yang kerap menyesatkan banyak orang.

Mitos 3: Jerawat berkurang kalau kita sering memencetnya

Saat kita memencet jerawat, itu artinya kita sama dengan menyebarkan bakteri ke daerah sekitar jerawat itu. Kalau bakteri itu masuk ke dalam pori-pori yang terbuka, bisa bikin kulit jadi infeksi. Jadi, lebih baik biarkan saja jerawat itu pecah dan mengering dengan sendirinya.

Mitos 4: Jerawat hanya dialami oleh kaum remaja

Mitos 5: Jangan gunakan make up selama jerawatan

Mitos 6: Makanan berlemak penyebab jerawat

Sebenarnya mitos ini tidak sepenuhnya benar. Bahkan menurut American Academy of Dermatology, nggak ada hubungan langsung tuh antara makanan berlemak dan jerawat. Makanan nggak sehat akan berpengaruh buruk terhadap badan. Nah, karena kulit adalah organ tubuh yang terbesar, maka pengaruh buruk bisa ke kulit juga. Jadi, boleh saja makan cokelat atau kentang goreng, asal tidak berlebihan.

Mitos 7: Semakin banyak memakai krim, jerawat semakin cepat sembuh

Mitos 8: Pasta gigi untuk menyembuhkan jerawat

Meskipun cara ini terbukti manjur dan mampu mengeringkan jerawat dan minyak, tetapi bahan kimia pada pasta gigi dapat membahayakan kulit anda. Pasta gigi mengandung baking soda, hidrogen peroksida, alkohol dan triclosan yang bila digunakan terus menerus dapat merusak kulit.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *