Manfaat Mengkonsumsi Kulit Pisang

Hampir semua orang, mungkin termasuk anda, suka makan pisang. Selain karena rasanya, kandungan yang ada di dalamnya menjadi alasan mengkonsumsi. Bagaimana dengan kulitnya?

Menurut penelitian, kulit pisang kaya akan nutrisi sehingga bisa dikonsumsi untuk kesehatan anda. Adalah potasium/kalium kandungan paling banyak yang terdapat pada kulit pisang.

Kulit pisang merupakan sumber kalium yang tinggi dan mengandung serat lebih banyak dari dagingnya. Serat pada kulit pisang dapat melancarkan pencernaan dan sembelit alias susah buang air besar. Serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan lain yang tak kalah penting adalah triptofan, kandungan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh dan bisa meningkatkan suasana hati anda lebih bahagia.

Penelitian lain disebutkan bahwa ekstrak kulit pisang dapat meringankan depresi karena kekurangan serotonin yang merupakan penyeimbang mood dan emosi. Mengkonsumsi 2 kulit pisang selama 3 hari berturut-turut dapat meningkatkan kadar sorotonin dalam darah sebesar 16%.

Bahkan kulit pisang juga mengandung lutein, antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko katarak.

Jadi, sayang sekali jika kulit pisang dibuang begitu saja 🙂

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *