Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Nisfu Sya’ban artinya malam ke-15 bulan Sya’ban (bulan ke-8 dalam kalender Islam). Sya’ban adalah salah satu bulan istimewa, bulan yang dihormati dalam agama Islam, selain Muharram, Dzulhijjah dan Rajab. Malam tersebut insya Allah akan jatuh pada hari Senin malam Selasa (1 Juni 2015). Ada banyak sekali keutamaan yang bisa diraih dengan amalan-amalan yang bisa dilakukan pada malam maupun siang Nisfu Sya’ban.

“Jika datang malam pertengahan bulan Sya’ban, maka lakukanlah qiyamul lail, dan berpuasalah di siang harinya, karena Allah turun ke langit dunia saat itu pada waktu matahari tenggelam, lalu Allah berkata, ‘Adakah orang yang minta ampun kepada-Ku, maka Aku akan ampuni dia. Adakah orang yang meminta rezeki kepada-Ku, maka Aku akan memberi rezeki kepadanya. Adakah orang yang diuji, maka Aku akan selamatkan dia. Adakah demikian dan demikian?’ (Allah mengatakan hal ini) sampai terbit fajar.” (HR. Ibnu Majah: 1/421; HR. al-Baihaqi dalam Su’abul Iman: 3/378).

Adapun keutamaan Nisfu Sya’ban adalah

1.

“عن عائشة بنت أبي بكر قالت: «قال رسول الله : “إن الله ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا، فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب”

Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam nisfu sya’ban dan mengampuni lebih banyak dari jumlah bulu pada kambing Bani Kalb (salah satu kabilah yang punya banyak kambing). (HR At-Tabarani dan Ahmad)

2. “Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu Majah)

3.

إِذَا كَانَ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُوْمُوا لَيْلتَهَا وَصُوْمُوا يَوْمَهَا فَإنَّ اللهَ يَنْزِلُ فِيْهَا لِغُرُوْبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُوْلُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَه أَلاَ مُبْتلًى فَأُعَافِيَهُ أَلاَ من سَائِلٍ فَأُعْطِيَهُ أَلاَ كَذَا أَلاَ كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ اْلفَجْرُ

“Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah)

4. Berkata Imam Syafii rahimahullah : “Doa mustajab adalah pada 5 malam, yaitu malam jumat, malam idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan rajab, dan malam nisfu sya’ban” (Sunan Al Kubra Imam Baihaqiy juz 3 hal 319).

Amalan yang biasa dilakukan ketika malam/siang Nisfu Sya’ban

  • Membaca surat Yasin sebanyak 3x
    Dalam kitab Kanzun Najah Wassurur dan dinuqil dalam kitab Nubdzatul Anwar Wafawaidul Akhyar dianjurkan setelah shalat Maghrib untuk membaca surat Yasin 3x, yang pertama dengan niat agar diberi umur panjang dalam ketaatan, yang kedua dengan niat menolak bala’, yang ketiga dengan niat agar tidak terlalu tergantung kepada manusia.
  • Shalat tasbih sebanyak 4 rakaat dengan 2x salam.
  • Qiyamul lail
  • Puasa di siang harinya

Mengamalkan dan merayakan malam Nisfu Sya’ban bukanlah bid’ah.

Semoga kita semua diberikan kebaikan dan keberkahan serta pengampunan dan dipertemukan dengan bulan mulia, Ramadhan. Aamiin.

Comments

comments

2 thoughts on “Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *