Keuntungan Bangun di Pagi Hari

Bangun di pagi hari, terlebih sebelum waktu Subuh, sangat banyak manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat bangun pagi :

1. Melakukan ibadah

Anda bisa melakukan ibadah sunnah dan wajib (shalat tahajud danshalat subuh) jika anda bangun di pagi hari.

2. Menghirup udara segar

Bangun pagi memberi kesempatan tubuh untuk menghirup udara segar dengan tingkat polusi rendah.

3. Memiliki waktu untuk menyelesaikan tugas

Pekerjaan dan tugas adalah tanggung jawab yang harus kita kerjakan, bukan semata untuk kebaikan kita, melainkan juga untuk kebaikan orang lain juga. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus dapat mengatur waktu agar pekerjaan tersebut cepat selesai dan tidak terbengkalai. Seseorang yang terbiasa untuk bangun pagi dapat menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya dengan tepat waktu. Mereka memiliki banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaannya sehingga mereka tidak perlu begadang untuk menyelesaikannya.

4. Memaksimalkan fungsi otak

Karena kualitas oksigen yang baik ini akan memaksimalkan fungsi kerja otak

5. Mencegah kerusakan paru – paru

Oksigen di pagi hari juga berguna untuk mencegah kerusakan paru-paru

6. Menciptakan good mood yang bisa membuat anda lebih produktif

Bukan hanya memberikan keindahannya, tetapi juga dapat memberikan moodyang baik untuk memulai hari. Saat bangun pagi Anda tidak perlu merasa terburu-buru dalam melakukan aktivitas. Di samping itu juga kita bisa tepat waktu datang ke tempat kerja sehingga suasana hati yang baik terbentuk dengan sendirinya. Dengan mood yang baik, kita dapat bekerja dengan baik juga.

7. Memperlancar peredaran darah

Oksigen di pagi hari juga berguna untuk memperlancar peredaran darah

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Oksigen di pagi hari juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

9. Memperoleh Kalisium dan Vitamin D untuk Tulang

Tak hanya itu, bangun pagi juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk tulang. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap baik guna memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D.

10. Membuat anda berbahagia

Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui Medicmagic.

Membiasakan diri bangun pagi juga memengaruhi indeks massa tubuh yang berkaitan dengan kesempatan sarapan. Orang yang bangun pagi cenderung memiliki waktu cukup untuk sarapan sehingga asupan makan lebih terkontrol.

Jika Anda tidak sarapan, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Kondisi ini justru akan membuat seseorang makan dalam porsi besar pada siang dan malam hari. Jadi, bagi Anda yang ingin langsing, jangan pernah melewatkan sarapan.

Jadi, jangan lagi bermalas-malasan untuk bangun pagi ya sobat 🙂

Comments

comments

One thought on “Keuntungan Bangun di Pagi Hari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *