Hindari Makanan/Minuman Berikut Saat Sahur

Sahur bertujuan untuk menambah tenaga saat berpuasa. Namun, ketika kita salah mengonsumsi makanan, maka tubuh kita bisa terasa lebih lemas karena kandungan makanannya. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari ketika santap sahur.

1. Makanan kemasan
Makanan kemasan yang tinggi akan garam dapat mengikat suplai cairan di dalam tubuh. Anda pun bisa merasa lebih cepat haus saat puasa yang tentu saja membuat Anda tidak nyaman.

2. Minum soda
Minum soda saat sahur juga tidak disarankan karena kandungan kimia di dalamnya dapat membuat Anda merasa cepat haus saat puasa.

3. Gula

Makanan yang mengandung terlalu banyak gula, atau gula, adalah makanan yang bisa menguras energi Anda lebih cepat. Ya, gula memang memberikan energi dengan cepat, namun energi yang didapatkan dari gula bersifat seperti rollercoaster. Anda bisa mendapatkan energi dengan cara instan dan cepat, namun juga akan segera kehilangan energi tersebut dengan cepat pula. Setelah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan kafein, Anda akan mendapatkan tambahan energi besar. Namun waspadai efeknya dalam beberapa waktu. Energi Anda akan terkuras habis bahkan sebelum waktu berbuka.

Karena itu, hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula seperti permen, minuman berenergi, minuman berpemanis, sereal yang mengandung banyak gula, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut tak hanya mengandung gula, melainkan juga kalori yang bisa membuat Anda cepat gemuk selama Ramadan.

4. Makanan gorengan

Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak dan sulit untuk dicerna. Makanan yang sulit dan lambat dicerna oleh tubuh membutuhkan lebih banyak gula darah dan energi untuk mencernanya. Inilah yang membuat Anda cepat lelah dan merasa kehilangan energi. Sayangnya, seringkali banyak orang yang memilih mengonsumsi makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng, dan lainnya karena lebih praktis dikonsumsi saat sahur. Padahal makanan ini bisa menguras energi setelah dimakan.

Selain menguras energi, makanan gorengan dan berlemak ini akan menyebabkan Anda cepat merasa ngantuk. Rasa ngantuk tersebut disebabkan oleh menurunnya aliran darah pada tangan dan kaki. Tentunya, anda tak ingin merasa cepat ngantuk saat berpuasa dan beraktivitas, bukan? Karena itu, sebaiknya hindari makanan gorengan dan berlemak saat sahur.

5. Daging kalkun

Sama dengan makanan gorengan, daging merah juga membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna. Daging merah mengandung banyak lemak dan akan menguras banyak energi tubuh untuk mencernanya. Salah satu jenis daging yang tak boleh dikonsumsi saat sahur adalah daging ayam kalkun. Daging ayam kalkun mengandung asam amino yang disebut tryptophan.

Asam amino ini akan memicu produksi serotonin, seperti diungkap oleh peneliti di University of Illinois. Serotonin akan memicu produksi melatonin yang akan membuat Anda merasa ngantuk dan tidak berenergi. Makanan ini cocok untuk makan malam, ketika Anda butuh beristirahat. Namun jika dikonsumsi saat sahur, makanan ini akan cepat menguras energi Anda di siang hari.

6. Minum kopi

Sebaiknya hindari kopi saat sahur. Berdasarkan Natural news, kopi akan cepat menguras energi Anda. Selama ini, kopi dikenal sebagai minuman yang memberikan energi instan. Ini memang benar, karena minum kopu akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Namun setelah adrenalin terpompa secara instan, tubuh akan merasa sangat kelelahan dan kehilangan energi.

Sementara itu, ketika berpuasa Anda membutuhkan makanan yang memberikan energi yang tahan lama. Kopi tidak bisa memberikannya. Kopi justru akan menyerap semua energi Anda, dan bahkan akan menyebabkan Anda lebih mudah dehidrasi karena sifatnya yang diuretik. Hal ini juga berlaku pada semua minuman yang mengandung kafein seperti minuman berenergi.

7. Makanan rendah zat besi

Saat sahur, hindari makanan yang mengandung sedikit zat besi. Anda harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi agar tidak merasa lelah dan lesu saat berpuasa. Makanan yang kurang zat besi akan menyulitkan Anda untuk menggunakan energi dari makanan, karena zat besi dibutuhkan tubuh untuk membantu menyerap energi dari makanan dan menggunakannya.

8. Seledri
Percaya atau tidak, seledri bersama dengan makanan yang tinggi air lainnya seperti mentimun dan semangka merupakan diuretik alami yang menyebabkan kandung kemih Anda penuh. Anda pun akan selalu buang air yang bisa menyebabkan Anda dehidrasi saat puasa.

9. Makanan berlemak atau yang digoreng
Makanan berlemak tinggi atau makanan yang digoreng membutuhkan waktu lama untuk dicerna yang kemudian menyebabkan ketidaknyamanan perut Anda selama puasa.

Pastikan ketika sahur, Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti bayam atau kacang-kacangan. Makanan yang mengandung banyak zat besi akan membantu Anda menjaga tingkat energi selama berpuasa dan menangkal rasa lesu atau ngantuk.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur karena bisa menurunkan tingkat energi Anda dengan cepat. Selain makanan di atas, yang paling penting diperhatikan adalah untuk tidak melewatkan sahur. Melewatkan sahur tak hanya menghilangkan kesempatan bagi tubuh untuk mendapatkan kalori dan energi yang diperlukan, namun juga dengan cepat menurunkan gula darah. Jika gula darah turun, Anda akan cepat merasa lemas dan tidak berenergi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *