Gerhana Bulan Total 2015 di Indonesia [Shalat Khusuf]

Gerhana Bulan Total akan terjadi di wilayah Indonesia pada Sabtu 4 April 2015 yang bertepatan dengan 14 Jumadil Akhir 1436 H mulai pukul 17.15 WIB. Hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Total ini.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Machasin mengatakan, puncak Gerhana Bulan Total ini akan pada pukul 19.01 WIB dan selesai pada pukul 20.44 WIB. Demikian ucap Machasin dalam lamankemenag.go.id, Jumat (3/4/2015).

Machasin mengatakan, sehubungan dengan gerhana itu, Kementerian Agama mengimbau umat Islam melakukan salat sunnah gerhana atau salat khusuf secara berjamaah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad. Umat Islam juga dianjurkan (sunnah muakkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu.

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak zikir, doa, istighfar, sedekah, dan melakukan amal-amal kebajikan lainnya.

Cara shalat gerhana bulan/khusuf:

Shalat 2 raka’at dengan 4 kali rukuk, dan juga 4 kali sujud, yaitu pada raka’at pertama (sesudah rukuk dan i’tidal) kita membaca surat Al-Fatihah lagi, selanjutnya kita terus melakukan rukuk sekali lagi dan i’tidal, kemudian kita terus sujud selnjutnya sebagaimana biasa. Dan pada raka’at kedua juga kita lakukan seperti halnya pada raka’at yang pertama. Jadi dengan demikian shalat Gerhana tersebut seluruhnya berjumlah 4 rukuk, 4 fatihah dan 4 sujud.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *