Fakta Tentang Kutub Selatan

penguin di antartika | berita broadcastKutub Selatan merupakan merupakan benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Benua yang dikenal dengan Antartika ini memiliki luas 14.0 juta km2 alias hampir dua kali ukuran Australia. Sekitar 98% dari Antartika ditutupi oleh es yang rata-rata ketebalan minimal 1.9 kilometer (1.2 mil).

Benua yang hampir seluruhnya terletak di Lingkar Antartika dan dikelilingi oleh Samudra Antartika ini memiliki beberapa fakta menarik yang patut disimak. Apa saja?

1. Di kutub selatan, matahari berputar-putar mengikuti arah jarum jam (mata kita arahkan ke atas – titik zenith) – gambar di bawah adalah matahari pada tanggal 22 Desember atau disebut titik balik selatan

2. Seperti beberapa negara yang memiliki top level domain sendiri (seperti Australia: .au, Jerman: .de) benua Antartika memiliki top-level domain sendiri, yaitu: .aq

3. Meski keberadaan benua Antarktika sudah diduga sejak lama, namun benua ini baru ditemukan pada tahun 1820. Pada tahun 1911 Roald Amundsen dari Nowegia adalah orang pertama yang mencapai kutub selatan. Tidak lama kemudian ia disusul oleh Robert Falcon Scott dari Britania Raya.

4. 53 juta tahun yang lalu, Antartika begitu hangat hingga pohon kelapa tumbuh di sepanjang pantainya. Suhu di benua ini pernah melambung hingga di atas 20C.

5. Metallica pernah mengadakan pertunjukan di Antartika, dengan tema Freeze ‘Em All. Dengan konser ini, Metallica menjadi band pertama yang telah bermain di setiap benua. Metallica telah memecahkan rekor dengan mengadakan pertunjukan di tujuh benua dalam satu tahun!

6. Antartika adalah tempat terkering di dunia. Tempat paling kering di planet ini terletak di Antartika dan disebut Dry Valleys (Lembah Kering).

7. Dulu pernah ada stasiun pembangkit listrik tenaga nuklir di Antartika.
Stasiun McMurdo adalah pembangkit nuklir terbesar di Antartica, yang telah dioperasikan oleh AS sejak tahun 1962.

8. Meskipun memiliki suhu ekstrim, tercatat ada 1.150 spesies jamur telah diidentifikasi dapat bertahan hidup di Antartika. Jamur dapat beradaptasi dengan sempurna pada suhu rendah yang ekstrem, siklus pembekuan dan pencairan terus menerus dan berulang-ulang.

9. Antartika memiliki seluruh zona waktu yang ada di dunia ini. Semua garis bujur yang kita gunakan untuk menentukan zona waktu bertemu di kedua kutub, utara dan selatan

10. Tidak ada beruang kutub di Antartika. Anda dapat melihat mereka di Kutub Utara atau Kanada.

11. Ada bar di Antartika, yang merupakan bar paling selatan di dunia.
Ketika udara sangat dingin banyak orang berkumpul di bar di Stasiun Penelitian Vernadsky.

12. Suhu terdingin yang pernah tercatat di bumi adalah minus 128,56 derajat Fahrenheit (minus 89,2 derajat Celcius). Itu tercatat pada tanggal 21 Juli 1983, di stasiun Vostok Antartika.

13. Antartika adalah benua terbesar kelima di dunia. Luas wilayahnya sama dengan 14,0 juta kilometer persegi.

14. 99% dari Antartika ditutupi oleh es. Gletser yang menutupi benua ini sering disebut Ice Sheet (lapisan es).

15. Ketebalan rata-rata es Antartika adalah sekitar 1 mil (1,6 kilometer). Antartika memiliki sekitar 70% dari semua air tawar di Bumi!

16. Pegunungan Transantartika membelah kutub selatan menjadi bagian Timur dan Barat. Dengan panjang mencapai 3500 mil. Transantartika mereka adalah salah satu pegunungan terpanjang di dunia.

17. Keberadaan Antartika baru benar-benar pada tahun 1820. Orang sebelumnya berpikir bahwa Antartika hanya sekelompok gugusan pulau.

18. Penjelajah asal Norwegia, Roald Amundsen adalah manusia pertama yang mencapai Kutub Selatan. Dia meninggalkan penjelajah Inggris Robert Falcon Scott di belakang dan tiba di benua ini pada 14 Desember 1911 dan menancapkan bendera kebangsaanya di sana.

19. Pada 1959 diadakan negosiasi rahasia antara dua belas negara untuk menandatangani Perjanjian Antartika yang isinya mendedikasikan benua ini untuk kegiatan penelitian perdamaian. Hingga hari ini, perjanjian tersebut sudah ditandatangani oleh 48 negara.

20. Pada bulan Januari 1979, Emile Marco Palma menjadi anak pertama yang lahir di Kutub Selatan. Itu adalah sebuah rekayasa dari pemerintah Argentina untuk mengklaim sebagian wilayah Antartika. Argentina dengan sengaja mengirim wanita hamil untuk melakukan proses kelahiran di Antartika untuk tujuan tersebut.

21. Anda tidak bisa bekerja di Antartika kecuali bila gigi geraham bungsu Anda telah dicabut dan usus buntu (appendix) Anda telah dipotong. Di Antartika belum ada tempat melakukan operasi medis, sehingga Anda harus merelakan geraham bungsu dan usus buntu Anda hilang, walaupun Anda tak punya masalah kesehatan.

22. Antartika memiliki divisi pemadam kebakaran. Walaupun dipenuhi es hingga sangat minim terjadi kebakaran, namun demi keselamatan Antartika tetap memiliki pasukan pemadam kebakaran. Satuan ini juga dimiliki oleh Mc Murdo dan mempekerjakan petugas pemadam kebakaran profesional.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *