Daftar Masjid yang Menyelenggarakan I'tikaf Bersama

masjid fathullahFase akhir bulan Ramadhan terakhir tinggal menghitung hari. Sesuai hadits Nabi bahwa kita disunnahkan memperbanyak i’tikaf di 10 hari terakhir. Barangkali sebagian dari anda bingung ingin i’tikaf dimana, berikut kami sampaikan masjid yang menyelenggarakan i’tikaf secara bersama.

1. Masjid Fathullah UIN Jakarta

Masjid ini berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan alias persis di seberang gedung Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan, panitia menyiapkan imam untuk memimpin dzikir bersama serta tausiyah selepas shalat malam. Selain itu, panitia juga menyediakan makan sahur gratis. Agenda rutin tersebut dilaksanakan pada pukul 01.00 dinihari.

2. Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia

Masjid ini berada di kompleks Bank Indonesia. Di masjid ini, peserta yang beri’tikaf tidak perlu pusing mengenai makan sahur, karena panitia masjid sudah menyediakan kupon yang bisa ditukar saat waktu sahur tiba. Masjid ini dilengkapi dengan karpet yang tebal dan empuk, sehingga nyaman untuk istirahat. Tapi, jangan banyak-banyak juga sih, istirahatnya, kan niatnya mau kencengin ibadah. Jadwal dari malam terdapat kajian dilanjut waktu bebas dan qiyamullail pukul 2 dini hari. Qiyamullail dilaksanakan dengan 3 juz selama kurang lebih 2,5 jam.

3. Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid yang sering disingkat MASK ini berada di Menteng Jakarta Pusat. Menurut kabar, Syekh Essam Almegazi Farag Ali, imam shalat asal Madinah akan memimpin qiyamullail saat i’tikaf di masjid ini. MASK selalu ramai saat shalat tarawih. Menurut yang sudah mencoba, masjid ini nyaman karena toilet yang banyak dan ada screen and sound yang menghubungkan dengan jamaah ikhwan. Agenda di masjid ini adalah shalat tarawih dan ceramah, tadarus al qur’an, qiyamullail, muhasabah, dan ditutup dengan sahur bersama.

4. Masjid At Tin

Masjid ini berada dalam satu area dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Masjid ini menjadi salah satu incaran peserta i’tikaf lho, sob. Nggak heran kalo banyak banget yang merekomendasikan masjid ini sebagai tempat i’tikaf. Meskipun ramai, masjid ini sangat luas dan area tempat tidur dibedakan dengan area shalat, sehingga nggak akan menganggu area shalat.

5. Masjid Agung Al Azhar

Masjid ini berada di kompleks sekolah dan universitas Al Azhar Indonesia. Ada di daerah Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Masjid ini juga ramai dengan jamaah i’tikaf. Kegiatan i’tikaf salah satunya diisi oleh tausiyah dan tanya jawab dengan sederet tokoh masyarakat selama 10 malam terakhir.

6. Masjid Baitut Taqwa Bea Cukai

Masjid ini berada di area perkantoran Dirjen Bea Cukai di Jalan Ahmad Yani dekat bypass Rawamangun. Meskipun masjid ini relatif sederhana tetapi, suasana dan fasilitas sangat mendukung untuk i’tikaf.

Bagaimana agenda anda? Jika ada rekomendasi masjid untuk melakukan i’tikaf, silakan ditambah di kolom komentar. Terima kasih 🙂

Comments

comments

2 thoughts on “Daftar Masjid yang Menyelenggarakan I'tikaf Bersama”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *