Belajar Lebih Jauh tentang Extra Mile

Joko & Edi sama-sama diterima di sebuah perusahaan distribusi FMCG sebagai sales setelah lulus. Mereka berdua bekerja keras.

Dua tahun kemudian bos mengangkat Edi menjadi Sales Supervisor sedangkan Joko tetap saja jadi Salesman.

Suatu hari Joko tidak tahan lagi & ajukan pengunduran dirinya kepada bos.

Alasan Joko perusahaan ini tidak “menghargai” orang yang kerja keras. Hanya orang yang pandai jilat bos saja yang bisa naik.

Bos mengerti bahwa Joko pekerja keras tapi untuk menyadarkan Joko apa beda dia dgn Edi maka ia memberikan 1 tugas kepada Joko.

extra mile | berita broadcastIa meminta Joko untuk menemukan seorang pedagang semangka di pasar dekat kantor. Saat Joko kembali, bos bertanya:
“Sudah kau temukan Jok?”
“Sudah pak” jawab Joko.
“Berapa harga semangkanya?” tanya Bos.

Joko pergi ke pasar lagi untuk menanyakan harga semangka lalu kembali menghadap bos & berkata:
“ Rp1000 per kg pak.”

Bos berkata kepada Joko bahwa sekarang dia akan beri perintah yang sama kepada Edi. Edi ke pasar & setelah kembali menghadap ke bos.

Edi laporan:
“Di pasar hanya ada 1 pedagang semangka, harga semangka Rp1000 per kg, kalo beli 100 kg hanya Rp800 per kg nya, ia mempunyai stok 324 biji, yang 32 dipajang di kiosnya. Semangka didatangkan dari Indramayu 2 hari yang lalu,warnanya hijau segar & isinya merah jingga, kualitasnya bagus.”

Joko sgt terkesan dgn laporan Edi & memutuskan untuk tidak jadi mengundurkan diri tetapi akan belajar lebih banyak dari Edi.

Frenz, Kerja keras saja tidak cukup. Kita akan lebih sukses jika meneliti lebih banyak, berpikir lebih banyak & mengerti lebih mendalam inilah yang disebut “extra mile”.

Untuk alasan yang sama seorang yang sukses melihat beberapa tahun ke depan sedangkan si gagal hanya melihat esok hari saja. Perbedaan antara 1 hari & 1 thn adalah 365 kali lipat. How could you win?

Do more than is required.

Bandingkan antara orang yang sekadar mencapai tujuannya vs melebihi ekspektasi atasan/customernya vs yang selalu datang terlambat bahkan target tidak tercapai. Siapakah yang akan benar-benar sukses dan menang dalam hidupnya?

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *