Hal yang Perlu Disiapkan Menjelang Ramadhan

Dalam hitungan hari, kita semua akan didatangi tamu agung, bulan suci Ramadhan. Untuk itu, kita perlu menyiapkan segala hal untuk menyambut bulan penuh berkah dan ampunan itu. Berikut 10 tips persiapan menjelang dan ketika bulan puasa datang.

1) Niatkan rasa gembira kita dalam hati akan kedatangan bulan suci Ramadhan. Nabi saw bersabda, “Barang siapa yang dihatinya merasa gembira akan kedatangan bulan Ramadhan, maka Allah haramkan jasadnya untuk masuk neraka”.

2) Memohon maaf kepada kedua orang tua, suami/isteri, anak, saudara dan para sahabat atau kerabat anda, dimana setiap hari anda berhubungan dengannya. Lupakan dan maafkan kesalahan saudara Muslim yang pernah terjadi selama berinteraksi.

3) Bersihkan pakaian taqwamu dari hadas, najis maupun penyakit hati (iri, dengki, sombong, dendam, berbohong, dll) sebelum, ketika, maupun sesudah menjalankan ibadah puasa.

4) Niatkan dalam hati untuk melaksanakan ibadah puasa ini dengan penuh kesungguhan dan sekuat tenaga untuk mejalankan juga ibadah–ibadah sunah.

5) Tingkatkan iman dan taqwa, selenggarakan & hadiri majelis ilmu Islam (pengajian) ditempat anda.

6) Perbanyak membaca dan memahami Al-Qur’an, kalau mampu, upayakan khatam 1 (satu) Juz selama ibadah puasa dan jadikan amalan dalam hidup setelah Ramadhan berlalu.

7) Tingkatkan kualitas ‘amaliyah anda selama bulan puasa, tinggalkan perbuatan maksiat dan perbuatan yang sia-sia tanpa nilai pahala.

8) Tingkatkan amar ma’ruf nahi munkar, saling nasihat-menasihati di jalan Allah dan perbayak bersabar.

9) Usahakan anda beri’tikaf (berdiam diri/menginap di dalam masjid untuk memperbanyak kegiatan ibadah) selama 10 (sepuluh) hari terakhir Ramadhan, sesuai sunah Nabi saw.

10) Terakhir, ingatlah bahwa yang dinilai Allah swt itu bukanlah pakaian baru, tetapi kualitas ibadah selama bulan suci Ramadhan.

Semoga kita semua dapat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan ini dengan sungguh-sungguh dan dipertemukan di Ramadhan tahun-tahun berikutnya. Aamiin.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *